Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Penerapan Model Team Games Tournament (TGT) Melalui Media Puzzle pada Mata Pelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 78 Palembang

Heristiyana Heristiyana (Universitas Sriwijaya)
Humairo Humairo (Universitas Sriwijaya)
Luh De Wulan Sari (Universitas Sriwijaya)
Rudiansyah Rudiansyah (Universitas Sriwijaya)
Makmun Raharjo (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Pendidikan di Indonesia selalu mengalami perkembangan seiring berjalanya waktu, sebagai seorang penddik tentu saja keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menjadi hal yang utama, berbagai macam metode, model, dan media harus digunakan guru untuk membantu kesusksesan dari proses pembelajaran yang dilakukan, salah satu model yang bisa digunakan guru dalam menerapkan materi IPAS yaitu model Team Games Tournament (TGT) model ini akan mendorong siswa belajar lebih aktif dan kreatif. Hal tersebut tentunya memerlukan dukungan media yang menarik pula, salah satunya adalah media puzzle. Media puzzle dapat menciptakan pembelajaran lebih menarik bagi siswa serta mendorong anak untuk berpikir secara kritis dan lebih kolaboratif saat dilakukan secara berkelompok. Tidak bisa dipungkiri keberhasilan peserta didik dalam mencerna materi pelajaran tergantung dari cara guru mentransfernya, semakin baik pemilihan model dan media dari guru maka akan semakin cepat juga peserta didik memahami materi pelajaranya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...