Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 3 (2024): irje 2024

Peran Sesi Ice-Breaking terhadap Fokus dan Minat Belajar Anak-anak Panti Asuhan GAPPI Filadelfia

Muhamad Zhabiyan Dwi Putra (Universitas Internasional Batam)
Syaeful Anas Aklani (Universitas Internasional Batam)
Shania Zoin (Universitas Internasional Batam)
Anisah Salsabilah (Universitas Internasional Batam)
Sartika Dewi Haslim (Universitas Internasional Batam)
Alya Regina (Universitas Internasional Batam)
Irma Sefina Yasa (Universitas Internasional Batam)
Aida Susanti (Universitas Internasional Batam)
Doreen Renata (Universitas Internasional Batam)
Divanaka Puspitasari (Universitas Internasional Batam)
Qanaya Dherryl Aliefazlea (Universitas Internasional Batam)
Kelvin Wijaya (Universitas Internasional Batam)
Rakit Ricardo Rosario (Universitas Internasional Batam)
Angelika Putri Sihombing (Universitas Internasional Batam)
Sherlyn Sherlyn (Universitas Internasional Batam)
Nywara Natriyasmara Lubis (Universitas Internasional Batam)
Calvianthieno Irawan (Universitas Internasional Batam)
Felix Chadric (Universitas Internasional Batam)
Jesslyn Jesslyn (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan kontribusi moral dan pendidikan serta mencari tahu peranan Ice-Breaking dalam proses fokus dan minat belajar anak-anak di Panti Asuhan GAPPI Filadelfia. Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian materi disambung dengan Ice-Breaking 1 dilanjutkan dengan pemberian hadiah, diakhiri dengan materi penutup. Tidak lupa peneliti juga mewawancarai anak-anak panti asuhan dengan maksud menanyakan perihal pemahaman materi yang dijelaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Ice-Breaking merupakan langkah efektif dalam proses pembelajaran anak-anak tersebut, anak-anak dapat lebih fokus, cepat tangkap akan materi yang telah diberikan, serta meningkatkan minat anak-anak untuk menyimak materi yang akan diberikan pasca Ice-Breaking.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...