Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022

Tindakan dan Sikap Terhadap Perilaku Cyberbullying

Supriyaddin Supriyaddin (STKIP Yapis Dompu)
Andi Prayudi (STKIP Yapis Dompu)
Burhanuddin Burhanuddin (STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penggunaan teknologi dan internet yang dilakukan oleh para remaja tidak dapat dihindari dari adanya resiko atau dapat disebut dengan cyberbullying. Cyberbullying merupakan perilaku yang dilakukan secara berulang kali dengan tujuan untuk menyakiti melalui sosial media. Faktor –faktor yang dapat mempengaruhi perilaku cyberbullying salah satunya adalah faktor internal, yaitu dalam penelitian ini adalah regulasi diri. Regulasi diri merupakan kemampuan individu dalam mengatur pikiran, perasaan serta tindakannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa SMP berusia 12-15 tahun dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala regulasi diri yang diadaptasi dandisusun berdasarkan aspek –aspek yang telah dijelaskan oleh Zimmerman. Skala perilaku cyberbullying diadaptasi dan disusun berdasarkan aspek menurut Langos. Metode analisis data menggunakan metode regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying. Adapun kontribusi regulasi diri terhadap perilaku cyberbullying sebesar 52.6%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jundikma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil ...