JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati
Vol 4 No 2 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati

UNIVERSALISASI PRINSIP MANAJEMEN TANGGUNG JAWAB HADITS NABI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN

Hartati, Sri (Unknown)
Royani, A (Unknown)
Aspandi, Aspandi (Unknown)
Bachtiar , Machdum (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Dalam manajemen pendidikan salah satu prinsip yang penting adalah prinsip tanggung jawab. Prinsip ini menekankan pentingnya setiap individu dalam organisasi pendidikan agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya. Dalam Hadis Nabi Muhammad SAW juga terdapat banyak pesan mengenai pentingnya tanggung jawab pada seorang individu. Hadis-hadis tersebut dapat dijadikan sebagai sumber rujukan dalam mengembangkan prinsip tanggung jawab dalam manajemen pendidikan. Tujuan Penelitian ini berusaha mengkaji universalisasi prinsip manajemen tanggung jawab hadis Nabi dalam manajemen pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip tanggung jawab hadis Nabi dapat diuniversalisasi dalam manajemen pendidikan. Prinsip ini dapat diterapkan dalam berbagai aspek manajemen pendidikan, seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penerapan prinsip tanggung jawab hadist Nabi dalam manajemen pendidikan dapat memberikan berbagai manfaat, antara lain: Meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan Pendidikan, Menciptakan iklim kerja yang kondusif, Meningkatkan mutu Pendidikan, Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Oleh karena itu, penerapan prinsip tanggung jawab hadis Nabi dalam manajemen pendidikan perlu didorong dan dikembangkan dalam kehidupan terutama dalam sebuah lembaga pendidikan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPMUKJT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Djati terbit dua kali setahun bulan Juni dan Desember dengan proses peer review dan open akses. Pembelajar memiliki e-ISSN: 2774-616x dan p-ISSN: 2721-1339 Menerima tulisan hasil pemikiran dan hasil penelitian. JIPMukjt:Jurnal Ilmu Pendidikan ...