Journal of Vocational, Informatics and Computer Education
Vol 2, No 1 (2024): Juni 2024

Investigasi Persepsi Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Model Blended Learning pada Pembelajaran Matematika

Hersiyati Palayukan (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia Toraja)
Hajar Dewantara (Universitas Negeri Makassar)
Elma Nurjannah (Universitas Negeri Makassar)
Offiler Pebrian (Universitas Negeri Makassar)
Sarmila (Universitas Negeri Makassar)
Thariq Al Ayyubi (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan, terutama pemanfaatan ChatGPT, menciptakan dampak signifikan dalam dunia akademik dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi persepsi mahasiswa terhdap penggunaan chatGPT pada pembelajaran matematika terutama dalam model blended learning. Penelitian berfokus pada bagaimana penggunaan alat kecerdasan buatan ini dapat mempengaruhi perolehan keterampilan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan kerja kelompok di kalangan siswa, serta  mengetahui tentang keandalan, dan pentingnya alat ini di dunia akademis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional, dengan 91 responden pada kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil analisis deskriptif, termasuk presentasi statistik seperti mean, median, modus, sum, max, dan min, menunjukkan bahwa rata-rata 3,34  berpendapat sebagian mahasiswa terhadap ChatGPT sebagai alat yang andal untuk jawaban teori matematika, meskipun ada keraguan terkait kemampuannya dalam menangani perhitungan numerik yang kompleks. Sementara itu, sebagian mahasiswa lainnya, dengan rata-rata 3,68, mengekspresikan pandangan positif terhadap potensi ChatGPT sebagai alat yang penting dalam dunia akademis. Penelitian ini  menunjukkan bahwa ChatGPT menjadi alat berharga dalam mendukung pendidikan matematika di perguruan tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

VOICE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Journal of Vocational, Informatics and Computer Education (VOICE) is a journal that publishes high-quality scientific articles in Indonesian or English in the form of research results (top priority) and or reviews in the field of computers and Informatics in the scope of vocational and early ...