Jurnal Manajemen Pendidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Regular Issue

IMPLEMENTASI KURIKULUM K-13 YANG DISESUAIKAN DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SLB-A PRPCN PALEMBANG

Astuti, Mardiah (Unknown)
Marlina, Leny (Unknown)
Saprullah, Saprullah (Unknown)
Irvan, Indra Ari (Unknown)
Fitrianti, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pendidikan anak berkebutuhan khusus adalah pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan fisik, intelektual, emosional, dan sosial anak. Penelitian ini mengevaluasi implementasi Kurikulum K-13 yang Beradaptasi dengan Kurikulum Merdeka pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB-A PRPCN Palembang, dengan menggunakan metode kualitatif studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan kemajuan yang baik, tetapi masih ada kendala seperti kurangnya guru berkualitas dan fasilitas pembelajaran yang memadai. Untuk meningkatkan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus, diperlukan upaya berkelanjutan dalam pengorganisasian, motivasi, dan koordinasi. Faktor pendukung meliputi kualifikasi guru yang sesuai dan kerjasama dengan sekolah lain, sementara faktor penghambat termasuk kualifikasi guru yang kurang memadai dan kekurangan media pembelajaran. Dalam kesimpulannya, penelitian ini menekankan pentingnya upaya berkelanjutan dalam mengatasi tantangan dalam implementasi Kurikulum untuk pendidikan anak berkebutuhan khusus. Ini dapat dicapai dengan meningkatkan kualifikasi guru, fasilitas pembelajaran, dan mempertimbangkan faktor pendukung dan penghambat. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB-A PRPCN Palembang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan mempublikasikan hasil penelitian di bidang pendidikan: Penelitian tindakan sekolah, Penelitian tindakan kelas, Proses pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan ini terbit 3 periode dalam 1 tahun yaitu Bulan April, Agustus, ...