Pada proses pembelajaran guru lebih sering menggunakan metode ceramah, guru tidak menggunakan model dan media pembelajaran dalam menunjang proses pembelajaran, proses pembelajaran hanya diarahkan pada kemampuan peserta didik untuk menghapal dan mengingat mater, proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas guru dalam proses proses pembelajaran saat menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin; (2) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam proses proses pembelajaran saat menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin; (3) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Negeri 2 palangka. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik dan tes berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 4,33 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 4,63 dengan kategori baik; (2) aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 4,22 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II memperoleh rata-rata 4,52 dengan kategori baik; (3) hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 67,36 dengan presentase 63,15% sedangkan siklus II memperoleh rata-rata 79,21 dengan presentase 89,47%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media papan buletin pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VB SD Negeri 2 Palangka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023