PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol. 2 No. 2 (2024): MEI

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDIT NURUL ISTIQLAL WONOSARI, KLATEN

Nurul ‘Ilmi Azizah, Annafi’ (Unknown)
Rosyida, Aulia (Unknown)
Kautsar Rivai, Fajrul (Unknown)
Rosidah, Munawati (Unknown)
Meliya Putri, Nindyta (Unknown)
Alvie Chasanah, Salma (Unknown)
Kaffa, Syillmi (Unknown)
Nurul Purnama, Yulli (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana dilaksanakan dengan baik di lembaga pendidikan, karena dengan adanya pengelolaan sarana dan prasarana yang baik lembaga pendidikan akan terpelihara dan jelas dalam penggunaannya. Oleh karena itu, mengingat pentingnya administrasi sarana dan prasara di lembaga sekolah, maka diperlukan penelitian lebih mendalam yaitu pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran di SDIT Nurul Istiqlal Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan metode survey. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Guru yang diberi tugas bagian mengelola sarana prasarana di SDIT Nurul Istiqlal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sarana dan prasarana yang digunakan serta mendiskripsikan proses dari perencanaan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, penataan, penggunaan, pemeliharaan dan penghapusan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di SDIT Nurul Istiqlal sudah berjalan dengan baik dan optimal namun ada beberapa yang memerlukan perbaikan hanya saja tidak begitu mengganggu kegiatan belajar mengajar karena ditunjang fasilitas lainnya yang mendukung. Secara keseluruhan, ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang optimal dan meningkatkan kualitas pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...