Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang
No. 7 (2024)

PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA SMK BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI DAN REKAYASA

Handayani, Sri (Unknown)
Buntoro, Harijadi Gunawan (Unknown)
Kristiawan, Virgiawan Adi (Unknown)
Budi, Listiyono (Unknown)
Kahartan, Rahma Aulia Pulung (Unknown)
Rahmawati, Anis (Unknown)
Maladewi, Diah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Tugas pokok yang diemban oleh seorang guru, tentu tidak berlebihan jika dikatakan bahwa barometer mutu pendidikan vokasi Indonesia ditentukan oleh tingkat kompetensi seorang guru. Identifikasi dan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendidikan vokasi khususnya bidang teknik dan Teknologi sangat penting. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran oleh guru SMK bidang keahlian teknologi dan rekayasa. Penilaian Pengelolaan pembelajaran meliputi lima variabel kunci yaitu motivasi kerja, etos kerja, kinerja guru, inovasi manajemen, dan manajemen pembelajaran. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model pengukuran persamaan struktural. Motivasi kerja memberikan pengaruh positif sebesar 63,9% dan etika kerja sebesar 28,2% terhadap kinerja guru. Motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap manajemen belajar. Inovasi manajemen tidak berpengaruh sehingga diharapkan pengawas meningkatkan kegiatan inovasi untuk menunjang kinerja guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kp

Publisher

Subject

Education

Description

Bookchapter Kimia Universitas Negeri Semarang adalah terbitan ilmiah berkualitas tinggi di bidang ...