Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 6, No 4 (2024): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Literasi statistik mahasiswa berdasarkan tingkatan berpikir matematika

Mahyudi, Mahyudi (Unknown)
Endaryono, Endaryono (Unknown)
Ristiawan, Rifki (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Literasi menjadi hal penting dalam memahami suatu permasalahan matematika, termasuk dalam hal ini adalah literasi statistik. Kemampuan literasi ini meliputi pemahaman dalam menganalisis kasusnya, bernalar dan mencari solusi untuk permasalahan tersebut. Literasi diperlukan untuk menentukan penyelesaian dari suatu kasus statistik. Pemahaman terhadap permasalahan menjadi langkah awal dalam proses literasi. Setelah melalui tahapan ini, kemampuan bernalar dan menganalisis permasalahan, menjadi bekal untuk dapat sampai pada tahap menarik kesimpulan. Akan tetapi, tahapan-tahapan ini tidak menjadi mudah bagi mahasiswa, terutama bagi mereka yang jarang membaca dan memiliki rasa ingin tahu yang rendah. Penelitian ini untuk melihat gambaran literasi statistik mahasiswa termasuk berdasarkan tingkatan berpikir matematika dalam hubungannya dengan kemampuan penalaran dan kemampuan berpikir kritis matematis. Dengan adanya informasi dan data literasi statistik mahasiswa ini, dapat diketahui sudah sejauh mana perkembangannya, sehingga dapat diberikan suatu latihan yang mengasah kemampuan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...