Analisis terhadap potensi sekolah harus mampu dilakukan secara menyeluruh dalam berbagai aspek berkaitan dengan pengelolaan lembaga/sekolah, baik internal maupun eksternal. Konteks tersebut sangat berkaitan erat dengan kelangsungan atau eksistensi lembaga/sekolah itu sendiri. Realitas ini dikarenakan kelangsungan lembaga/sekolah tergantung pada hasil penerimaan siswa baru sebagai customer atau pelanggan pendidikan, sehingga lembaga/sekolah memiliki pendanaan yang cukup untuk proses pelayanan pendidikan. Salah satu langkah yang dapat dimanfaatkan lembaga/sekolah dalam merefleksikan kualitas layanan yang diberikan dapat menggunakan analisis SWOT. Fungsi utama dari analisis SWOT adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap lembaga/sekolah, sehingga mampu terefleksikan dalam sebuah perancanaan yang matang dalam menghadirkan kualitas layanan pendidikan. Penggunaan SWOT disisi lain dapat memetakan potensi lembaga/sekolah, yang kemudian dapat dikontruksi sebagai alat untuk pemasaran/promosi lembaga/sekolah itu sendiri. Pentingnya analisis SWOT di era disrupsi saat ini, belum diimbangi kemampuan personal lembaga/sekolah dalam mengimplementasikannya secara komprehensif. Akibat dari kondisi tersebut, langkah pemasaran lembaga/sekolah hanya berlangsung secara kultural, tidak ada langkah strategis yang mampu dikonstruksi untuk dimanfaatkan dalam rangka proses penerimaan/rekruitmen siswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai program kegiatan pengabdian pada Masyarakat yang dikemas dalam bentuk pelatihan, pelatihan SWOT pada personil lembaga/sekolah secara langsung agar berdampak terhadap kreatifitas dan program kerja yang rasional dan realitas dalam upaya meningkatkan mutu layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah. Teridentifikasinya kelemahan dapat menjadi peluang dalam pemetaan potensi sekolah, sehingga langkah strategis pengembangan sekolah dapat dilakukan yang dapat berdampak pada timbulnya animo masyarakat terhadap sekolah tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024