Lagu berperan penting untuk menerangkan tentang situasi alam, binatang, benda, kasih sayang, cinta tanah air, belajar berhitung, membaca, dan masih banyak lagi pengetahuan yang bisa lebih efektif disampaikan lewat lagu. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendeskripsikan proses penulisan syair lagu yang dibuat oleh guru-guru di TKIT Auladuna. Metode kegiatan yang akan dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Hasil kegiatan pelatihan ini terdiri dari beberapa tahap. Tahap perencanaan, di awali dengan perencanaan kegiatan pelatihan. Tahap pelaksanaan dilakukan pelatihan dengan beberapa langkah, yaitu 1) Guru-guru diberikan materi secara klasikal mengenai apa, mengapa dan bagaimana penulisan syair lagu anak berbasis tema dengan notasi lagu dan menyanyikanya, 2) Kerja kelompok untuk menulis lagu anak berbasis tema, 3) Mempersentasikan hasil karya, sekaligus mengevaluasi ketercapaian tujuan, 4) Merevisi hasil karya berdasarkan masukan yang diberikan, dam 5) Menghasilkan syair lagu anak berbasis tema. Hasil dari kegiatan pelatihan ini guru dapat menghasilkan 10 lagu anak berbasis tema (tanaman, binatang, dan keluargaku). Adapun saran kepada penulis selanjutnya adalah adanya kegiatan lanjutan yang berupa pelatihan sejenis yanga dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru PAUD dalam penulisan lagu anak, dan bagi pelaksanaan kegiatan selanjutnya hendaklah melibatkan peserta yang lebih banyak lagi sehingga terasa kebermanfaatannya oleh guru-guru paud untuk meningkatkan kemampuan dalam menulis syair lagu anak.
Copyrights © 2024