JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 10, No 1 (2024)

Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Yang Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT)

Dalimunthe, Shella Irmeliani (Unknown)
Syafitri, Ely (Unknown)
Syahlan, Syahlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 6 Kisaran dalam pembelajaran Matematika, khususnya pada materi Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai, dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, melibatkan 32 siswa dan mengumpulkan data melalui observasi serta wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa model Team Games Tournament (TGT) berhasil meningkatkan keaktifan siswa yang diukur melalui 10 indikator keaktifan. Selain itu, tingkat antusiasme siswa meningkat, dan mereka merasa lebih menyukai proses pembelajaran. Penerapan model Team Games Tournament (TGT) berhasil menciptakan suasana pembelajaran yang segar, kondusif, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi Matematika Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai di UPTD SMP Negeri 6 Kisaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...