LEBAH
Vol. 17 No. 2 (2024): Maret: Pengabdian

Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Guru Berbasis HOTS: Meningkatkan Inovasi Pedagogis dan Hasil Belajar Siswa di Kota Jambi

Marvel (Unknown)
Reka (Unknown)
Michelle (Unknown)
Sanjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Dalam ranah pendidikan bahasa Indonesia di Kota Jambi, penelitian ini berupaya menggali potensi transformatif dari pengintegrasian Higher Order Thinking Skills (HOTS) ke dalam praktik pengajaran. Melalui pendekatan metode campuran yang mencakup umpan balik peserta, observasi kelas, dan penilaian sebelum dan sesudah, efektivitas program pelatihan berbasis HOTS dievaluasi. Penelitian bertujuan untuk menilai dampak program terhadap keterampilan mengajar guru berbasis HOTS dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri, pengetahuan, dan kesiapan guru untuk mengintegrasikan strategi HOTS ke dalam praktik pengajaran mereka setelah program pelatihan. Observasi di kelas menunjukkan bukti adanya pertanyaan tingkat tinggi, aktivitas pemecahan masalah, dan diskusi kolaboratif di antara siswa, yang menunjukkan adanya pergeseran nyata menuju pedagogi berbasis HOTS. Selain itu, penilaian sebelum dan sesudah menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan siswa, keterampilan berpikir kritis, dan prestasi akademik, menyoroti dampak transformatif dari pengajaran berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa. Temuan-temuan ini membawa implikasi yang signifikan terhadap pendidikan bahasa Indonesia, termasuk pemberdayaan pendidik melalui inisiatif pengembangan profesional yang ditargetkan, peningkatan kesetaraan dan inklusivitas pendidikan, dan potensi perubahan sistemik yang lebih luas. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pengajaran berbasis HOTS, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berpusat pada siswa yang mempersiapkan siswa untuk sukses di abad ke-21. Melalui upaya kolaboratif dan komitmen berkelanjutan terhadap keunggulan pendidikan, penelitian ini membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah bagi seluruh peserta didik di Kota Jambi dan sekitarnya.

Copyrights © 2024