JEID
Vol. 4 No. 2 (2024)

Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika Terintegrasi dengan Kebudayaan

Sholihin, Kholifatul Fatoni (Unknown)
Latifah, Roykhana (Unknown)
Kiranasari, Shinta Puspa (Unknown)
Nu’man , Mulin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis berperan penting bagi peserta didik dalam mengungkapkan ide dan gagasanya secara lisan dan tertulis. Pembelajaran matematika dapat diintegrasikan dengan kebudayaan sehingga peserta didik lebih mengenal kebudayaan melalui pembelajaran matematika. Peneliti melakukan analisis terhadap kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan kebudayaan. Penelitian dilakukan di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta, pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan komunikasi matematis yang terintegrasi dengan kebudayaan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis yang diperoleh, peserta didik masih kurang dalam menuliskan ide dan gagasan dalam simbol matematika. Selain itu, pengetahuan tentang kebudayaan nusantara khususnya Jogja masih kurang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...