Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa dan persentase keterampilan berpikir kritis siswa per indikator pada pokok bahasan pencemaran lingkungan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik non-probability sampling yakni purposive sampling. Subjek penelitian adalah 10 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kadur, Pamekasan, Jawa Timur tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain yang digunakan adalah penelitian survey tipe cross sectional design. Hasil penelitian menujukkan bahwa : 1) Terdapat 2 siswa dengan keterampilan berpikir kritis tinggi, 7 siswa dengan keterampilan berpikir kritis sedang, 1 siswa dengan keterampilan berpikir kritis rendah dan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa tergolong sedang dengan rata-rata ketercapaian 55,001;2)Dari 5 indikator keterampilan berpikir kritis menurut Ennis yang digunakan dalam penelitian, persentase keterampilan berpikir kritis siswa berkisar dari 50% - 65%.
Copyrights © 2022