Keberhasilan sebuah institusi pendidikan salah satunya dipengaruhi oleh baik buruknya mutu pendidikan karena pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk karakter dan mempersiapkan generasi mendatang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menghambat upaya peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurul Haq Boroppao, Sinjai Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis datanya dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan-hambatan dalam peningkatan mutu Pendidikan di MIS Nurul Haq Boroppao berupa keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya pelibatan orang tua, dan tantangan dalam pengelolaan sekolah. Sehingga hal tersebut memerlukan peran berbagai elemen seperti manajemen sekolah, kualifikasi guru, dukungan orang tua, dan fasilitas pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024