Era revolusi industry empat titik nol dan era Masyarakat lima titik nol menuntut kemampuan dan keterampilan serta berpikir tingkat tinggi. Oleh sebab itu maka pendidikan menjadi hal yang sangat strategis untuk membentuk kemampuan tersebut. Hasil studi pendahulun tentang keterampilan dan kemampuan berpikir tingkat tinggi belum dapat terbentuk secara utuh salah satunya disebabkan pembelajaran masih belum menggunakan media yang tepat, menarik dan inovatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Gawi Manuntung: Gorgeous Audiovisual Learning Media of Wonderful Indonesia Based on Manipulation Museum of Nations' Culture In Augmented Reality yang menarik, efektif, serta inoivatif dalam rangka meningkatkan keterampilan masyarakat lima titik nol dan karakter waja sampai kaputing (kerja keras, disiplin, mandiri dan tanggung jawab). Penelitian ini menggunakan metode research and development Borg dan Gall dengan Langkah: studi pendahuluan, perencanaan, Pengembangan produk, Validasi produk, revisi hasil Validasi, uji coba skala kecil dan menengah, revisi hasil uji coba, uji coba skala besar, revisi hasil uji coba dan diseminasi. Hasil temuan penelitian menyimpulkan bahwa media pembelajaran GAWI MANUNTUNG memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dalam membentuk kemampuan berpikir kritis, kreatif, logis, analitis dan kemampuan memecahkan masalah serta dapat mengembangkan karakter disiplin, kerja keras, mandiri dan tanggung jawab.
Copyrights © 2023