Kemampuan pedagogis guru memliki dan memainkan peran penting dalam membangun kemampuan literasi siswa. Adanya keragaman kemampuan literasi siswa di dalam keles menuntut guru memiliki kemampuan pedagogis yang dapat memberikan dukungan mencapai kemampuan akademik siswa. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru mengimplementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) secara komprehensip. Metode pelatihan ini menggunakan metode partisifatif. Perserta yang dilibatkan dalam pelatihan ini sejumlah 35 orang yang merupakan representasi guru sekolah dasar Gugus 2 Kecamatan Lopok. Hasil pelatihan ini menunjukan ada peningkatan secara signifikan pemahman peserta mengenai TaRL sejumlah 32 orang dari 35 peserta. Dengan rata-rata peningkatan yang signifikan (Mean Rank = 16.50) dan jumlah total peringkat positif (Sum of Ranks = 528.000). Apabila dilihat secara keselurah dari hasil evaluasi kegiatan pelatihan ini dapat dinyatakan bahwa berhasilanĀ terjadi dalam banyak aspek penting. Meskipun demikian pada asepek kecupan waktu perlu ditingkatkan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas dan kepuasan peserta dalam program pelatihan di masa mendatang. Dengan demikian, tingginya tingkat kepuasan dan evaluasi positif dari respon peserata menjukkan keberhasilan pelatihan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan para peserta, serta potensinya untuk diterapkan lebih luas di konteks serupa.
Copyrights © 2024