KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 1 (2024): KARYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DI SEKOLAH DASAR GUGUS 2 KECAMATAN LOPOK

Sugiarto, Sri (Unknown)
Aini, Rini Qurratul (Unknown)
Adnan, Adnan (Unknown)
Suhendra, Riadi (Unknown)
Haris, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2024

Abstract

Kemampuan pedagogis guru memliki dan memainkan peran penting dalam membangun kemampuan literasi siswa. Adanya keragaman kemampuan literasi siswa di dalam keles menuntut guru memiliki kemampuan pedagogis yang dapat memberikan dukungan mencapai kemampuan akademik siswa. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru mengimplementasi pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) secara komprehensip. Metode pelatihan ini menggunakan metode partisifatif. Perserta yang dilibatkan dalam pelatihan ini sejumlah 35 orang yang merupakan representasi guru sekolah dasar Gugus 2 Kecamatan Lopok. Hasil pelatihan ini menunjukan ada peningkatan secara signifikan pemahman peserta mengenai TaRL sejumlah 32 orang dari 35 peserta. Dengan rata-rata peningkatan yang signifikan (Mean Rank = 16.50) dan jumlah total peringkat positif (Sum of Ranks = 528.000). Apabila dilihat secara keselurah dari hasil evaluasi kegiatan pelatihan ini dapat dinyatakan bahwa berhasilanĀ  terjadi dalam banyak aspek penting. Meskipun demikian pada asepek kecupan waktu perlu ditingkatkan lebih lanjut untuk meningkatkan efektivitas dan kepuasan peserta dalam program pelatihan di masa mendatang. Dengan demikian, tingginya tingkat kepuasan dan evaluasi positif dari respon peserata menjukkan keberhasilan pelatihan dalam memenuhi kebutuhan dan harapan para peserta, serta potensinya untuk diterapkan lebih luas di konteks serupa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KARYA_JPM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health

Description

KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian kepada masyarakat pada multidisiplin penerapan iptek baik yang berbentuk ...