Kurikulum merdeka menawarkan struktur kurikulum yang lebih fleksibel dan berfokus pada materi esensial sehingga memberikan keleluasaan bagi guru untuk mengajar sesuai kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam penerapan kurikulum merdeka diperlukan pembekalan kapasitas dan kompetensi guru melalui pembinaan yang kontinu kepada para guru melalui pendampingan dari perguruan tinggi dalam bentuk pembinaan dan pelatihan. Pola pelatihan salah satunya harus menyasar kepada bagaimana guru dapat melakukan pengembangan perangkat pembelajaran secara tepat dan efektif dalam proses pembelajaran sesuai kurikulum merdeka. Pelatihan yang dilakukan yakni pengenalan dan bimbingan teknis pengembangan perangkat pembelajaran sesuai kurikulum merdeka sebagai salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya . Guru harus memiliki pengetahuan tidak hanya tentang materi subjek tetapi bagaimana materi subjek tersebut dapat diajarkan dan dipelajari serta pengetahuan yang lebih umum tentang mengajar dan belajar. Hasil dari kegiatan ini yakni pemahaman awal dan keterampilan kepada guru mengenai pengembangan perangkat pembelajaran yang berorientasi penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Program ini dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan SDIT dibawah naungan Yayapan Pendidikan Islam Al-Multazam, Kabupaten Kuningan. Mitra dalam kegiatan ini memiliki kurikulum keagamaan yang khas dalam setiap pelaksanaan pembelajaran sehingga hal tersebut menjadi konsentrasi program pembekalan yang mengembangkan pembelajaran yang berorientasi penguatan profil pelajar pancasila. Oleh sebab itu, kegiatan ini akan relevan dilakukan untuk dapat membina dan membantu dalam peningkatan kompetensi guru dalam pedagogi dan profesional dalam mendukung penerapan kurikulum merdeka.
Copyrights © 2023