Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 2 (2024): Mei

Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Melakukan Pengembangan Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Salsabila, Hanifah (Unknown)
Zakiyah, Linda (Unknown)
Nuwair, Salmah Haifa (Unknown)
Ananda, Tasya (Unknown)
Maulidina, Citra Ashri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2024

Abstract

Pendidikan multikultural memiliki peranan penting dalam pengembangan diri pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan diri pada anak berkebutuhan khusus melalui pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model penelitian studi literatur atau penelitian kepustakaan. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Cendekia dan Scopus dan diolah menggunakan teknik analisis data yang berupa analisis isi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pendidikan multikultural yang mencakup anak-anak berkebutuhan khusus perlu didukung dan dipahami oleh setiap elemen pendidikan. Kedepannya anak-anak berkebutuhan khusus dapat mengembangkan diri dan ikut menjadi bagian dari pendidikan yang adil dan setara bagi setiap individu, tidak terkecuali. Mereka memiliki hak untuk merasa nyaman dan didukung dalam menjalankan aktivitasnya tanpa diskriminasi atau perlakuan yang berbeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...