Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Pdf Corporate Edition Pada Materi Plain Cake

Cahyaningtiyas, Cantika Arumi (Unknown)
Miranti, Mauren Gita (Unknown)
Bahar, Asrul (Unknown)
Sulandari, Lilis (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Kegiatan belajar yang optimal perlu dilakukan guru dengan cara berupaya secara kreatif dan inovatif serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan E-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition pada materi Plain Cake yang ditinjau dari aspek media dan materi dan mengetahui respon pengguna terhadap e-modul berbasis Flip PDF Corporate Edition pada materi Plain Cake. Metode penelitian ini adalah R&D dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang disederhanakan hingga tahap implementation. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian yang terdiri atas lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan angket respon pengguna. Uji coba bahan ajar dilakukan pada 30 siswa kelas XI Wirausaha pastry & bakery SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar e-modul ditinjau dari aspek media mendapatkan nilai Aiken V sebesar 0,902 dengan kategori tinggi. Kelayakan bahan ajar e-modul ditinjau dari aspek materi mendapatkan nilai Aiken V sebesar 0,972 dengan kategori tinggi. Angket respon siswa mendapatkan nilai persentase sebesar 86,07% dengan kategori sangat menarik. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul hasil pengembangan dinyatakan valid dan layak serta sangat menarik sehingga, dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran plain cake.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...