PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 10 No 1 (2024): PEDAGOGI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN OLEH SISWA KELAS VII SMP MIFTAHUSSALAM MEDAN

Arianto, Arianto (Unknown)
Zahara, Siti Fatimah (Unknown)
Wulandari, Wina (Unknown)
Muliatik, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penenlitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui kemampuan menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan melalui model pembelajaran experiential learning. Populasi siswa kelas VIII SMP Miftahussalam secara keseluruhan berjumlah 108 siswa tersebar 3 kelas. Untuk menentukan sampel, peneliti menggunakan teknik sampling random yaitu kelas yang terpilih VIII-A yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII-C yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrument penelitian berupa tes essai. Berdasakan analisis data diperoleh kemampuan menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan kelompok eksperimen memperoleh nilai akhir di kategori baik sekali karena 15 siswa mendapatkan nilai antara 80-100 (41,67%), dan kelompok kontrol memperoleh nilai akhir di kategori baik sekali karena 14 siswa mendapatkan nilai antara 80-100 (38,89). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji t diperoleh thitung> ttabel atau 7,2>1,99.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...