Pada Focus Group Discusion (FGD) ditemukan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter ditemukan bahwa dalam penerapannya belum sepenuhnya diterapkan oleh guru sebagai pengajar pada ranah pembelajaran di sekolah. Hal ini disebabkan guru belum diberikan informasi atau pelatihan terkait dengan pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter. Pada workshop ini guru dibekali dengan model-model pembelajaran Cooperative Learning yang bernuansa Pendidikan karakter dalam menghadapi era digitalisasi 4.0, sehingga para guru Ketika mengajarkan pembelajaran di kelas dapat menerapka model tersebut secara paripurna. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Digitalisasi 4.0 Bagi Guru Di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat. Metode pelaksanaan workshop dilaksanakan dengan cara: 1) metode ceramah bervariasi yaitu Narasumber memberikan langsung materi penyajian dengan diselingi metode tanya jawab antar peserta; 2) Metode praktek, yaitu peserta diberikan contoh model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi kemudian peserta membuat satu contoh model dan peserta membuat perangkat pembelajarannya sesuai jenjang pendidikannya. Adapaun hasil dari adanya workshop ini para guru dapat mengimplementasikan dengan baik dan sempurna model-model pembelajaran Ketika di kelasnya berbasis pada Pendidikan karakter dalam menghadapi era digitalisasi 4.0, sehingga siswa menjadi siap dengan perubahan zaman tersebut.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024