JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pelatihan Implementasi Model Pembelajaran Project-Based Learning yang Terintegrasi Platform Youtube sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Pedadogik bagi Guru SMPN 9 Payakumbuh

Saputra, Indra (Unknown)
Hayatunnufus, Hayatunnufus (Unknown)
Dewi, Siska Miga (Unknown)
Hutasuhut, Nurul Inayah (Unknown)
Mahniza, Melda (Unknown)
Putri, Elviza Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Mitra pengabdian mengalami kurangnya implementasi teknologi informasi dalam pembelajaran, dan masih didominasi penggunaan model pembelajaran konvensional. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan pengintegrasian platform Youtube dalam konteks pembelajaran dengan fokus pada model pembelajaran Project-Based Learning. Pengintegrasian bertujuan meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pengajaran di SMPN 9 Payakumbuh. Model pembelajaran ini dianggap sebagai pendekatan yang sesuai untuk mengakomodasi kebutuhan pembelajaran siswa di era digital. Pembelajaran berbasis proyek mendorong partisipasi aktif siswa, dan penggunaan platform Youtube membuka peluang ekspresi dan memperluas wawasan siswa. Dengan solusi ini, guru dapat beradaptasi dengan tren pembelajaran yang berkembang dan tidak terbatas pada model konvensional. Hasil dari Program Pengabdian kepada Masyarakat menunjukkan pencapaian tujuan yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru SMPN 9 Payakumbuh. Peserta pelatihan mampu mengikuti materi dengan baik, serta mampu menghasilkan konten video pembelajaran dengan kualitas yang baik. Ini mengindikasikan peningkatan kompetensi pedagogik guru yang berkontribusi positif dalam proses pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...