JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Peningkatan Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar dalam Membuat Media Pembelajaran Kurikulum Merdeka dengan Fitur “Canva Education” di Kecamatan Lubuk Alung

Chairani, Vici Syahril (Unknown)
Mursyida, Lativa (Unknown)
Fadilah, Rahmi (Unknown)
Astuti, Murni (Unknown)
Rahmiati, Rahmiati (Unknown)
Hayatunnufus, Hayatunnufus (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2023

Abstract

Mitra pengabdian mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka, sementara kurikulum merdeka sudah diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi digital guru yang mengajar di SD di Kecamatan Lubuk Alung (Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat) dalam membuat media pembalajaran untuk membantu mengimplementasikan kurikulum merdeka (IKM) dengan menggunakan fitur “Canva Education”. Metode pelaksanaan PKM ini menggunakan sosialisasi, demonstrasi dan praktek. Instrumen evaluasi menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi IKM dan pelatihan membuat media pembelajaran dengan Canva ini memberikan manfaat dan sangat berguna bagi guru karena guru masih sangat kebingungan dalam mengimplementasi kurikulum merdeka dan belum pernah mendapatkan pelatihan pembuatan media pembelajaran kurikulum merdeka dengan Canva. Peserta pelatihan dapat membuat media pembelajaran modul ajar yang menarik dengan menggunakan Canva.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...