JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Information Technology untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila

Maulana, Arif (Unknown)
Aisyah, Aisyah (Unknown)
Widodo, Susilo Tri (Unknown)
Wahyuni, Nur Indah (Unknown)
Murya, Nur Royhana (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Information Technology (IT) pada hasil belajar peserta didik kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SDIT Cahaya Bangsa. Penelitian dilakukan melalui metode kualitatif dengan melibatkan 20 peserta didik kelas V. Data hasil belajar dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes, serta analisisnya dilaksanakan secara deskriptif. Hasil penelitian mengindikasikan dari siklus I ke siklus II terdapat kenaikan hasil belajar. Pada mulanya di siklus I rata-rata nilai 85%, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 96%. Penerapan PBL berbantuan IT dengan media power point dan video pembelajaran memberikan kontribusi positif terhadap keterlibatan, motivasi, dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran Pendidikan Pancasila. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa integrasi model pembelajaran PBL dan IT dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan minat peserta didik di tingkat Sekolah Dasar. Rekomendasi diberikan kepada guru dan sekolah untuk mengadopsi pendekatan ini dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...