JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting Dengan Menggunakan Aquarel di TK Ancano Desa Kungkai Bangko

Wahyuni, Lora (Unknown)
Afrinovera, Afrinovera (Unknown)
Delfia, Eva (Unknown)
Lina, Lina (Unknown)
Engla Sari, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui kegiatan finger painting dengan menggunakan Aquarel di TK Ancano Desa Kungkai Bangko. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan motorik alus anak kelompok B melalui kegiatan Finger Painting dengan menggunakan Aquarel di TK Ancano Desa Kungkai Bangko. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang subjeknya yaiu anak didik kelompok B yang berjumlah 15 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Penelitian ini dilakukan di dalan dua siklus yaitu siklus 1 dan 2 serta di dalam pelaksanaan setiap siklus tersebut terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan tekhnik analisis datanya menggunakan deskripsi kuantitatif . Hasil dari penelitian yaitu pada saat pra siklus hanya 4 orang anak yang mampu melakukan finger painting dengan baik dan benar yang mendapat nilai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 4 orang atau sekitar 22,1 % dan miningkat pada siklus1 hasilnya yaitu pada pertemuan terakhir diperoleh yang mendapat nilai kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB) sudah mencapai 11 orang anak atau sekitar 66,7% dan setelah dilaksanakan siklus 2 memperoleh hasil yang signifikan yaitu semua anak mampu melakukan finger painting dengan baik dan benar yaitu BSB (Berkembang Sangat Baik ) ada 15 orang anak atau 100 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...