JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Pembelajaran pada Siswa ABK dengan Ketunaan Disgrafia & Disleksia Di SDN Karawaci 5 Kota Tangerang

Nurfadhillah, Septy (Unknown)
Sunaryo, Sunaryo (Unknown)
Ramadhanty, Salwa (Unknown)
Nurjamilah, Putri (Unknown)
Sarah, Sarah (Unknown)
Lestari, Linda (Unknown)
Nabilah, Nabilah (Unknown)
Sartika, Devi (Unknown)
Putri, Disa Cahaya (Unknown)
Aryanih, Eka (Unknown)
Syirgaini, Joya (Unknown)
Septianih, Nabilah (Unknown)
Ramadanti, Saskia (Unknown)
Ramadhan, Savina Nurrahmadanti (Unknown)
Lutfiyah, Vivi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pada siswa ABK dengan ketunaan disgrafia dan disleksia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu koordinator inklusi, wali kelas dan siswa/i ABK kelas 3 dan 4. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada pendidikan siswa ABK dengan ketunaan Disgrafia & Disleksia dapat menemukan cara tersendiri yang berbeda bagi anak pada umumnya dalam hal belajar membaca ataupun menulis.sehingga diperlukan pemahaman, diberikan rasa perhatian, diberikan rasa tanggung jawab yang besar dalam penanganannya pada anak tersebut. Hasil dari penelitian di SDN Karawaci 5 Kota Tangerang ini menunjukkan bahwa ada beberapa faktor penyebab keterlambatan menulis yang disebabkan oleh minimnya perhatian orang tua terhadap siswa sehingga motivasi belajar siswa tersebut kurang, serta faktor penyebab keterlambatan membaca disebabkan karena kurang mengenali huruf sehingga mereka malas untuk menulis. Dengan begitu yang terpenting adalah perhatian dan dukungan orang tua sangat dibutuhkan agar siswa semangat dan termotivasi untuk belajar sehingga setiap harinya siswa akan memiliki kenaikan yang baik dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...