JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Ruswan, Acep (Unknown)
Rosmana, Primanita Sholihah (Unknown)
Oktafrina, Andhini (Unknown)
Rahmawati, Anita (Unknown)
Apriliani, Delia (Unknown)
Nurfaoziah, Khaerani (Unknown)
Fatimah, Ratih (Unknown)
Zahra, Vanny Nurulita (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Kurikulum Merdeka telah diperkenalkan sebagai suatu program baru yang diluncurkan dalam dunia pendidikan Indonesia. Pada program ini yang ditekankan ada pada pembelajaran berbasis kompetensi peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka secara optimal. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar menggunakan metode kajian pustaka. Metode kajian pustaka yang dipakai dalam penelitian ini untuk mengumpulkan dan menganalisis berbagai literatur, artikel, dan penelitian yang relevan mengenai pengimplementasian Kurikulum Merdeka, Model Pembelajaran, dan dampaknya terhadap hasil belajar peserta didik. Data yang dikumpulkan melalui penelusuran literatur kemudian dianalisis secara kritis untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang pengaruh Kurikulum Merdeka dengan model pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Hasil kajian pustaka menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka yang dibarengi dengan penggunaan model pembelajaran berpotensi memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...