JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Korelasi Penggunaan Kurikulum Merdeka dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMPN 4 Percut Sei Tuan

Lusianti, Errika Febi (Unknown)
Audina, Fitra (Unknown)
Ningsih, Dwi Setia (Unknown)
Azzahra, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Pelaksanaan kurikulum merdeka yang diwenangkan pada satuan pendidikan tentunya tidak luput dari peran guru yang akan menjadi pelaksana ketika pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana korelasi penggunaan kurikulum merdeka dengan pembelajaran bahasa Indonesia kelas ix SMPN 4 Percut Sei Tuan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional. Data penelitian diperoleh melalui angket. Populasi dalam penelitian guru bahasa Indonesia SMPN 4 Percut Sei Tuan berjumlah 5 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia sebagian besar telah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian penggunaan kurikulum merdeka terhadap pembelajaran bahasa Indonesia kelas 9 SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan memiliki korelasi yang relevan dan positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...