Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran penerapan Kurikulum merdeka dalam perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. Perencanaan pembelajaran dalam konteks ini perlu mempertimbangkan keberagaman siswa, memberikan ruang bagi mereka untuk bereksperimen dan membentuk sikap serta prinsip moral untuk pembelajaran abad ke-21. Tujuan penelitian yang menggunakan metodologi deskriptif kualitatif ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran termasuk dalam kurikulum otonomi sekolah dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan perencanaan pembelajaran melalui perspektif kurikulum merdeka di sekolah dasar telah berjalan dengan baik dan optimal. Meskipun demikian, masih banyak tantangan dalam penerapan perencanaan pembelajaran di sekolah dasar dengan kurikulum merdeka. Untuk meningkatkan implementasi perencanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka di sekolah dasar, perlu diingat bahwa ini adalah langkah awal yang harus menjadi komitmen semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, penting untuk mengkaji ulang pelaksanaan pembelajaran perencanaan dalam konteks kurikulum merdeka di sekolah dasar dengan mengembangkan kurikulum yang bermakna dan relevan untuk generasi mendatang.
Copyrights © 2024