JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Motivasi Mahasiswa Melanjutkan Pendidikan pada Program Magister Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Ahmad Shihabuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
M. Rezi Muda Putra (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Siti Muti’ah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Salfen Hasri (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Sohiron Sohiron (Ahmad Shihabuddin)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuuk mengetahui bagaimana motivasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan di Program Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan Islam di UIN Suska Riau Tahun 2023, dan untuk mengetahui adap saja faktor yang mempengaruhi mahasiswa melanjutkan pendidikan di Program Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan Islam di UIN Suska Riau Tahun 2023. Penelitian ini penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif yaitu mengemukakan data dengan cara dikelompokkan dalam bentuk tabel, kemudian diberikan penjelasan sesuai dengan metode deskriptif-kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh Motivasi mahasiswa melanjutkan pendidikan di Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Suska Riau sudah dinilai sangat baik dari faktor instrinsik dan ekstrinsik dengan skor 503. Motivasi mahasiswa berdarakan intriksik secara keseluruhan memang berdasarkan adanya kebutuhan pendidikan, harapan cita-cita untuk masa depan dan memang adanya minat melanjutkan pendidikan di Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Suska RiauDan begitu juga motivasi mahasiswa berdasarkan ekstrinsik jika dilihat dari hasil analisis data bahwa dari motivasi berdasarkan media lebih berpengaruh, adnaya informasi yang disiarkan dimedia sosial membuat mahasiswa termotivasi melanjutkan pedidikan di Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Suska Riau

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...