JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Tantangan Pendidikan Abad Ke-21: Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Bakhrudin All Habsy (Universitas Negeri Surabaya)
Annisa Iffa Rohida (Universitas Negeri Surabaya)
Mahadi Sudarsono (Universitas Negeri Surabaya)
Mar’atus Sholikhah (Universitas Negeri Surabaya)
Maylia Firdaus (Universitas Negeri Surabaya)
Validya Alfira Anzhani (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara meliputi pendidikan yang berkelanjutan mengikuti perkembangan zaman, pengambilan inspirasi dari berbagai sumber, serta sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan di Indonesia. Perwujudan prinsip pendidikan tersebut adalah melalui kurikulum merdeka. Selaras dengan hal tersebut berbagai tantangan pendidikan muncul sebagai penyesuaian dari kurikulum merdeka. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Ki Hajar Dewantara dan relevansinya terhadap tantangan pendidikan saat ini serta implementasi kurikulum merdeka. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis studi literatur untuk menggambarkan hasil temuan dengan beberapa artikel jurnal. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa relevansi kurikulum merdeka dengan konsep Ki Hadjar Dewantara terletak pada prinsip kemandirian dan kebebasan dalam pendidikan. Adapun tantangan pada peserta didik saat ini yaitu maraknya kasus perundungan, intoleransi, dan kekerasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...