JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penggunaan Media Booklet dan Media Flip Chart terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Datar Kelas IV di SDN 104204 Sambirejo Timur

Sari, Sartika Manda (Unknown)
Gultom, Ibrahim (Unknown)
Simanjuntak, Sorta (Unknown)
Prawijaya, Septian (Unknown)
Simanihuruk, Lidia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media booklet dan media flip chart terhadap hasil belajar siswa materi bangun datar kelas IV di SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2022/2023. Populasi penelitian ini terdiri dari 40 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu siswa kelas IV-A berjumlah 20 orang dan kelas IV-B berjumlah 20 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan berganda berjumlah 20 soal. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh, terjadi peningkatan nilai dari pretest ke posttest yakni 65 menjadi 83,75. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan media booklet terhadap hasil belajar. Pada media flip chart, secara rata-rata, terjadi peningkatan nilai dari pretest ke posttest yakni dari 61,75 menjadi 79,5. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan media flip chart terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa media booklet lebih baik dibandingkan media flip chart, karena rata-rata nilai (Posttest) pada media booklet, lebih tinggi, 83,75 dibandingkan media flip chart 79,5. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan, antara media booklet dan flip chart pada hasil belajar siswa. Dengan kata lain, media booklet signifikan lebih baik dibandingkan media flip chart.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...