JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Media Pop-Up Book dan Media Big Book terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 106161 Laut Dendang

Rahmah Damayanti (Universitas Negeri Medan)
Ibrahim Gultom (Universitas Negeri Medan)
Apiek Gandamana (Universitas Negeri Medan)
Lala Jelita Ananda (Universitas Negeri Medan)
Yusra Nasution (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Pop-Up Book dan Big Book terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas dengan kelas II-A menggunakan media Pop-Up Book dan kelas II-B menggunakan media Big Book. Desain penelitian yangdigunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas II-A berjumlah 20 siswa (kelas eksperimen I) dan kelas II-B berjumlah 20 siswa (kelas eksperimen II). Teknik pengumpulan data dengan tes soal pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa pada media Pop-Up Book, secara rata-rata terjadi peningkatan nilai dari pretest ke posttest yaitu 67,25 menjadi 84,25. Maka disimpulkan terdapat pengaruh signifikan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar. Pada media Big Book, secara rata-rata terjadi peningkatan nilai dari pretest ke posttest yaitu 61,5 menjadi 79,25. Maka disimpulkan terdapat pengaruh signifikan media Big Book terhadap hasil belajar. Secara rata-rata, media Pop-Up Book lebih baik dibandingkan dengan media Big Book. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh nilai Sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan, antara media Pop-Up Book dan Big Book pada hasil belajar. Dengan kata lain, media Pop-Up Book memiliki signifikan yang lebih baik dibandingkan dengan media Big Book.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...