JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Enhancing Teamwork and Leadership Skills in Maritime Cadets: A Qualitative Descriptive Study

Panderaja Soritua Sijabat (Maritime Institute (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran))
Mudakir Mudakir (Maritime Institute (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran))
Marudut Bernadtua Simanjuntak (Maritime Institute (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran))



Article Info

Publish Date
13 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas pendekatan pedagogi saat ini dalam mengembangkan keterampilan kerja tim dan kepemimpinan di kalangan taruna maritim di Institut Maritim. Data dikumpulkan dari 100 taruna yang mewakili tiga program besar (Deck, Engineering, dan Port & Shipping Management) melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Temuan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran kolaboratif, latihan simulasi kepemimpinan, dan program pendampingan sangat berharga dalam meningkatkan keterampilan ini. Namun, diperlukan skenario yang lebih realistis dalam simulasi kepemimpinan dan mekanisme umpan balik yang lebih terstruktur dalam kegiatan pembelajaran kolaboratif. Studi ini menyoroti pentingnya terus mengevaluasi dan meningkatkan pendekatan pedagogi dalam pendidikan maritim untuk lebih mempersiapkan taruna menghadapi tantangan industri maritim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...