JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Merancang Pembelajaran dengan Menerapkan Metode-Metode Pembelajaran Kreatif dan Bermakna untuk Anak

Hasanah, Lathipah (Unknown)
Zahir, Pelangi Nur Ilahi (Unknown)
Handyanti, Destyana Lyra (Unknown)
A’yuna, Hasna Qurrota (Unknown)
Anggraini, Selvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang kreatif dan bermakna dapat meningkatkan motivasi belajar, partisipasi siswa, dan pemahaman konsep siswa. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran guru dan pendidik tentang pentingnya merancang pembelajaran dengan cara yang kreatif dan bermakna serta responsif terhadap perkembangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Artikel ini mengupas tentang konsep dan penerapan metode pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas siswa sekaligus memastikan bahwa pembelajaran mempunyai makna yang mendalam. Pendekatan ini menggabungkan unsur-unsur seperti proyek berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan teknologi pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang merangsang imajinasi dan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan bermakna, pendidik dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang relevan dengan kebutuhan masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...