Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang kreatif dan bermakna dapat meningkatkan motivasi belajar, partisipasi siswa, dan pemahaman konsep siswa. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran guru dan pendidik tentang pentingnya merancang pembelajaran dengan cara yang kreatif dan bermakna serta responsif terhadap perkembangan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Artikel ini mengupas tentang konsep dan penerapan metode pembelajaran yang menumbuhkan kreativitas siswa sekaligus memastikan bahwa pembelajaran mempunyai makna yang mendalam. Pendekatan ini menggabungkan unsur-unsur seperti proyek berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, dan teknologi pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang merangsang imajinasi dan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ini tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif dan bermakna, pendidik dapat membantu peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang relevan dengan kebutuhan masa depan.
Copyrights © 2024