JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality dan Program SAP2000 pada Mata Kuliah Struktur Beton Bertulang 2

Budi, Listiyono (Unknown)
Widodo, Aris (Unknown)
Julianto, Eko Nugroho (Unknown)
Sugiyarto, Bambang (Unknown)
Putri, Aulia (Unknown)
Setyari, Fidya Peni (Unknown)
Nasokha, Dicky (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Augmented reality adalah salah satu teknologi terbaru yang dapat dimanfaatkan untuk membuat e-modul menjadi lebih interaktif dan inovatif. Kombinasi antara augmented reality dengan program komputer aplikatif yang tepat dalam media pembelajaran sangat cocok diterapkan di mata kuliah bidang teknik sipil, salah satunya adalah mata kuliah Struktur Beton Bertulang 2 dengan program komputer aplikatif yang digunakan adalah SAP2000. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan model ADDIE. Tujuan dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah e-modul interaktif berbasis augmented reality dan program SAP2000 pada mata kuliah Struktur Beton Bertulang 2. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah e-modul dengan kualitas yang masuk ke dalam kategori baik dengan hasil penilaian rata-rata dari ahli media 1 dan 2 sebesar 88,50 dan 86,50; dari ahli materi 1 dan 2 sebesar 84,46 dan 88,53; serta nilai rata-rata dari respon mahasiswa saat uji coba terbatas di kelas sebesar 85,10. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah E-modul Mata Kuliah Struktur Beton Bertulang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran Mata Kuliah Struktur Beton Bertulang 2 di kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...