JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Meningkatkan Prestasi Belajar melalui Evaluasi Program Pendidikan yang Berkelanjutan

M. Padeli Wibowo (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rizky Hasan Affandi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Indri Febrianti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nanjah Fachira Ayundari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Raudhatul Jannah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Aidelia Novaliza (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Inom Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran evaluasi program pendidikan berkelanjutan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Evaluasi yang efektif dapat mengidentifikasi kelemahan dan kekuatan program pendidikan, serta faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, baik dari segi internal maupun eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui studi pustaka, yang melibatkan pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber literatur seperti jurnal, buku, dan artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pendidikan berkelanjutan tidak hanya membantu dalam memperbaiki dan mengembangkan program pendidikan, tetapi juga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Dengan evaluasi yang sistematis dan berkelanjutan, guru dapat memperoleh umpan balik yang berguna untuk meningkatkan metode pengajaran, sementara pengelola pendidikan dapat mengoptimalkan proses pembelajaran secara keseluruhan. Temuan ini menegaskan pentingnya evaluasi berkelanjutan sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik dan memastikan kualitas pembelajaran yang terus meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...