JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Identifikasi Pemahaman Mahasiswa Tadris Biologi 2 UINSU Mengenai Organel Sel dalam Sitoplasma sebagai Sekresi dan Absorpsi

Rahmadina Rahmadina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Wan Ridha Rasyida (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rizky Afifah Alfi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ros Mardiah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Widya Rahayu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anjelita Sinaga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Syafi’i (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Organel sel adalah struktur-struktur kecil yang terdapat di dalam sel eukariotik yang memiliki fungsi khusus dalam menjalankan aktivitas seluler. Sekresi adalah pengeluaran zat-zat sisa, sedangkan absorpsi adalah penyerapan nutrisi.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penalaran dan pengetahuan mahasiswa Tadris Biologi 2 dalam materi mengenai organel sel dalam sitoplasma sebagai sekresi dan absorpsi. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan dengan pemanfaatan google form. Penelitian ini dilakukan pada 23 mahasiswa dari krlas Tadris Biologi 2 Stambuk 2022 UINSU Jl. Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menjawab benar pertanyaan dengan presentase sebesar 85,11% dan presentase mahasiswa menjawab salah pertanyaan sebanyak 14,89% sehingga hasil nilai mahasiswa dikatakan tergolong tinggi yaitu sebesar 83,39%. Media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu power point, video pembelajaran, serta hasil makalah yang telah dipresentasikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...