JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pentingnya Pengajaran Kisah-kisah Nabi dalam Kurikulum TK: Membentuk Kesadaran Agama dan Moral Anak

Hasanah, Lathipah (Unknown)
Fitri, Leni (Unknown)
Fadhila, Qonita Nur (Unknown)
Rifati, Muthi’ah (Unknown)
Ma’rifah, Deniz (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai agama dan moral dengan mengajarkan anak usia dini cerita tentang nabi. Tujuan lainnya adalah untuk mengajarkan anak nilai-nilai moral, sila dan ajaran agama. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kepustakaan. Penelusuran pustaka merupakan langkah awal dalam menyiapkan kerangka penelitian (research design) untuk memperoleh informasi sejenis, memperdalam kajian teori, atau mempertajam metodologi. Pentingnya mengajarkan kisah para nabi sejak dini. Karena setiap cerita mengandung pesan moral dan etika yang membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang lebih baik dengan memperkuat karakter mereka, dan memiliki pemahaman agama yang lebih dalam. Ini memperkuat keimanan Anda kepada Allah dan memperluas pemahaman Anda tentang nilai-nilai agama. Dari hasil penelitian, terungkap bahwa kisah nabi mengandung pesan moral yang mempengaruhi cara hidup dan berpikir anak, memberikan contoh nilai-nilai baik yang patut ditiru oleh anak. Diantaranya adalah kesabaran, kasih sayang, kebersamaan, kesopanan, dan spiritualitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...