JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Strategi Pembelajaran Bilangan Cacah dan Bulat dengan Pendekatan Garis Bilangan di Kelas 5 SDS Bahagia

Rahmadini, Riris (Unknown)
Manjani, Nurhudayah (Unknown)
Azra Zulaikha Siregar, Tasya (Unknown)
Bintang Panggabean, Xena (Unknown)
Dwi Wana, Cici (Unknown)
Wibowo, Chandra (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menerapkan strategi pengajaran rekening uang tunai dan cek menggunakan mesin kasir di Kelas 5 SDS Bahagia. Metode analisis yang digunakan disebut deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi, studi kasus, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan grafik sebagai alat bantu visual secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep keseimbangan cacah dan bulat. Selain itu, pendekatan ini sangat efektif membantu siswa memahami banyak konsep matematika yang berkaitan dengan anggaran tersebut. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada rata-rata peningkatan nilai ujian dari siklus belajar I ke siklus II. Berdasarkan pemahaman tersebut, pendekatan garis bilangan direkomendasikan sebagai strategi pengajaran yang efektif dan inovatif untuk mengajarkan cacah dan bilangan bulat bilangan pada tingkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...