Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis miskonsepsi yang terdapat pada materi sistem koordinasi dalam dua buku biologi untuk kelas XI SMA, yaitu "Buku Biologi 2 SMA Kelas XI" penerbit Yudhistira dan "Buku Biologi Kelas XI" penerbit Grafindo. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data menurut model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai jenis miskonsepsi pada sub materi sistem saraf dalam kedua buku teks tersebut. Miskonsepsi yang ditemukan meliputi misidentifikasi, overgeneralisasi, penyederhanaan berlebihan, dan penggeneralisasian yang kurang. Buku Yudhistira mengandung tiga miskonsepsi utama, sedangkan buku Grafindo memiliki empat miskonsepsi. Penelitian ini menekankan pentingnya memperbaiki miskonsepsi dalam buku ajar biologi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep ilmiah secara akurat dan mendalam, serta untuk memastikan bahwa pengetahuan yang disampaikan selaras dengan temuan ilmiah terbaru.
Copyrights © 2024