JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Korelasi Kemandirian Belajar Matematika dengan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di Kelas 4 SDN 03 Bulung Kulon

Maftukhah Rosyada (Universitas Muria Kudus)
Inarotul Wafiroh (Universitas Muria Kudus)
Rusmalinda Gustia (Unknown)
Fitriyah Amaliyah (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penalaran belajar dengan kemampuan matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, populasi penelitian ini adalah 13 siswa yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Dengan Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner kemandirian belajar dan tes penalaran matematika. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi. Hasil dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara kemandirian belajar dengan kemampuan penelitian matematis siswa. . Hasil uji korelasi menggunkan Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara tes penalaran dan kemandirian belajar siswa, koefisian korelasi sebesar 0.862 dengan p-value 0.000150. Menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan penalaran siswa, semakin tinggi pula kemandirian belajar mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...