Pendidikan merupakan topik yang selalu menarik untuk dibahas, sehingga melahirkan perdebatan dan beragam pandangan tentang pendidikan. Pemisahan pendidikan antara pendidikan agama dan pendidikan umum juga masih menjadi perbincangan yang selalu menarik untuk dibahas. Pendidikan non dikotomik merupakan gagasan solutif terhadap dikotomi antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang menggagas format pendidikan non dikotomik antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (library research) untuk mendapatkan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan infomasi tentang gagasan format pendidikan non dikotomik antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Dari penelitian yang dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa ada beberapa gagasan format pendidikan non dikotomik antara pendidikan agama dan pendidikan umum yang dikemukakan oleh para pakar pendidikan, diantaranya konsep pendidikan hadhari dengan pendekatan integratif interkonektif, humanisme religius, dan islamisasi ilmu.
Copyrights © 2024