JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengembangan LKPD Discovery Learning Berbantuan Komik pada Materi Sistem Pencernaan Fase F

Cahaya, Putri (Unknown)
Arsih, Fitri (Unknown)
Fuadiah, Sa’diatul (Unknown)
Rahmatika, Helsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Penggunaan bahan ajar berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil observasi di SMA N 2 Kota Solok dalam proses belajar guru cenderung menggunakan power point dan LKPD yang berisi pertanyaan secara umum, belum mengajak peserta didik menganalisis dan mengantuk selama pembelajaran. Hal ini juga berakibat hasil belajar siswa masih rendah dibandingkan dengan standar yang ditetapkan. Upaya yang dapat dilakukan ialah mengembangkan LKPD yang mengajak peserta didik menemukan konsep pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD Discovery Learning berbantuan komik yang valid dan praktis. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D yang dibatasi hanya sampai tahap develop. Teknis analisis data penelitian meliputi analisis angket observasi, analisis uji validasi, dan analisis uji praktikalitas. Hasil penelitian ini memperoleh nilai validitas 85,66% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas guru 92,65% dan peserta didik 91,7% dengan kategori sangat baik. Maka LKPD ini layak dijadikan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...