JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Enhancing English Vocabulary Through Songs and Games: A Case Study of SD Negeri 1 Kutacane

Nasution, Sofiyani (Unknown)
Lubis, Yani (Unknown)
Ayumi, Putri (Unknown)
Nadia, Asma (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2024

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian integral dari keterlibatan komunitas akademik yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Salah satu tantangan utama dalam mengajar bahasa Inggris di sekolah dasar adalah minimnya sumber daya pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan metode kreatif dalam pengajaran bahasa Inggris di SD Negeri 1 Kutacane, dengan memanfaatkan lagu dan permainan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi lagu dan permainan dalam proses belajar mengajar secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa dan memperkaya perbendaharaan kata mereka. Lagu membantu meningkatkan keterampilan mendengar dan berbicara siswa, sementara permainan mendorong suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi dan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru dan siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan spesifik kosakata dan merancang aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Pendekatan ini diharapkan dapat memperluas kosa kata bahasa Inggris siswa dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dalam bahasa asing dengan lebih percaya diri dan lancar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...