JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Kefeektifan Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching dalam Pembelajaran Menulis Puisi

Runtiyani, Devi (Unknown)
Ulfiyani, Siti (Unknown)
Septiana, Ika (Unknown)
Huda, Tika Fitri Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 2 Semarang masih kurang efektif dan menarik bagi siswa sesuai dengan tuntutan abad ke-21. Dalam penelitian ini menggunakan puisi, keefektifan, menulis, Problem Based Learning untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen pretest dan posttest kontrol group design. Subjek penelitian 33 siswa dalam kelas eksperimen dan kontrol dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling pada kelas VIII SMP Negeri 2 Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching mencapai kenaikan rerata skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Rerata nilai skor siswa yang diajar dengan model tersebut adalah 19,73 dengan kenaikan rerata sebesar 17,64 terkait itu, penggunaan modeli Probleem Basedd Learning Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi di SMP Negeri 2 Seamarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...