JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain and Create) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kelas V SD Negeri Madyotaman Surakarta

Alma Widyasari (Universitas Slamet Riyadi)
Anggit Grahito Wicaksono (Universitas Slamet Riyadi)
Jumanto Jumanto (Universitas Slamet Riyadi)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2024

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan dalam mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada kalas V SD Negeri Madyotaman Surakarta. Peneliti menggunakan kuantitatif pre-experimental dengan one group pretest-posttest sebagai desainnya terhadap semua peserta didik di SD Negeri Madyotama Surakarta tepatnya kelas V berjumlah 26 peserta didik yang ditetapkan melalui teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, wawancara, dan tes pada seluruh sampel. Kemudian hasilnya diuji dengan uji normalitas dan uji t-test. Hasilnya membuktikan bahwa ada pengaruh pada penerapan model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Madyotaman Surakarta dalam menyelesaikan soal cerita sebab nilai sig tidak melebihi 0,05 yakni 0,000. Dinyatakan juga bahwa Ha diterima sementara H0 ditolak sebab thitung melebihi nilai ttabel yakni 17.403 > 2.060 sesuai perhitungan t-testnya. Dibuktikan juga bahwa posttest yang dilaksanakan mendapat rata-rata senilai 68,08 sementara pretest-nya senilai 46,73.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...